BERBAGI PENGALAMAN DALAM MENERBITKAN BUKU

BERBAGI PENGALAMAN MENERBITKAN BUKU

 

Nara Sumber   : Dra.Sri Sugiastuti, M.Pd

Hari/Tanggal   : Jum’at / 5 Juni 2020

Pukul               : 19.00 s/d 21.00 WIB

Resume

Pembelajaran malam ini sangat berkesan, saya terkesima dengan pengalaman dari ibu Sri Sugiastuti yang mengawali menulis pada usia 50 tahun. memang segala sesuatu butuh proses, asalkan kita mau berusaha dan mengupdate diri kita. Mengubah mindset kita dari tidak bisa menulis menjadi bisa. Usia bukan hambatan dalam berkarya, seperti pengalaman dari ibu Sri Sugiastuti yang seorang guru juga sebagai pegiat literasi.

Beliau lahir pada tanggal 8 April 1961. Setelah membaca sebuah buku yang berjudul meulis itu gampang, beliau menyakinkan diri untuk bisa menulis dan setelah mengikuti pelatihan pada tahun 2009, beliau diajak oleh teman untuk menulis buku ajar. Proses penulisan buku ajar sekitar enam bulan.

Tahun 2010 menjadi tahun keberuntungan beliau dalam menulis, karena kedua bukunya diterbitkan, yaitu buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK” penerbit Erlangga, dan buku antologi “ Diary Ketika Buah Hati Sakit”.

Keberhasilan ibu Sri Sugiastuti menulis di usia 50 tahun sangat menarik perhatian para pembelajar online bersama Omjay, dan ada salah seorang guru bertanya tentang kesulitan yang dihadapinya dalam proses dan pengalamannya selama menulis. Beliau menjawabnya yaitu dengan cara mengubah mindsed kita,  semua yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin. Ubah pola fikir kita, jadikan menulis sebagai kebutuhan bukan kewajiban,  

Menulis itu keterampilan, bukan bakat, jadi berlatihlah, tulislah berbagai ide yang berserakan di sekitar  kita. Jadikan menulis dan membaca sebagai gaya hidup. Tentunya dengan membaca yg selektif dgn kacamata yang utuh. Istiqamahlah dalam menulis. Biarkan tulisan itu menemui takdirnya. Jangan risaukan, tetaplah menulis dan belajar mengupgrade diri agar naik kelas serta menulislah apa yang disukai dan dikuasai.

Semoga kami para pembelajaran online bersama Omjay khususnya dan para guru Indonesia umumnya dapat mengambil manfaat dari pengalaman ibu Sri sugiastuti dalam menulis dan menerbitkan buku sehingga kami dapat mengikuti jejaknya.Aamiin....

 

Ratna Jumpa

SMAN 1 Keumala

Jumpa-ratna. Blogspot.com.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lelaki berdasi part-1

Perjalanan Tanpa Batas (2)