MEMBUKUKAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK)

MENERBITKAN BUKU DARI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Resume.

Setiap guru terutama yang berstatus PNS diwajibkan untuk membuat karya tulis ilmiah agar dapat dipergunakan sebagai syarat kenaikan pangkat dalam pemenuhan angka kredit (PAK). Salah satu karya ilmiah yang sering dibuat oleh guru adalah PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penulisan PTK adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan praktit pembelajaran di sekolah, memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, mengidentifikasi dan menemukan solusi terhadap permasahan dikelas agar pembelajaran bermutu sehingga  efisiensi pengelolaan pendidikan disekolah dapat tercapai dengan baik.

Membuat PTK terkesan susah susah gampang, terutama bagi pemula, terkadang kita bingung cara menyusun latar belakang nya merumuskan  tujuan, menentukan metode, atau lainnya. Setelah kita pelajari dengan baik, PTK yang di buat dapat menjadi reverensi bagi guru atau pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. PTK yang di buat akan mendapatkan nilai PAK dan akan di jadikan artikel untuk djurnalkan, dan dapat juga dijadikan buku yang sangat bermanfaat sebagai bahan literasi bacaan bagi pendidik lain dalam menyusun PTKnya.

Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK dan sudah banyak naskah diterbitkan.. Tentunya harus diubah terlebih dahulu supaya layak buku yang menarik untuk dibaca. 

Banyak PTK yang sudah dibukukan menjadi buku, salah satunya adalah PTK karya Omjay yang telah lolos Inobel 2018 yang berjudul “Melejit Keterampilan Menulis Siswa”.

Dalam mengubah PTK menjadi buku, yang terpenting adalah memperbannyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku. atau memperluas isi bacaannya dan tentunya berdasarkan sumber yang relevan. Dalam membuat judul buku kita hanya mengambil intinya saja.mengenai isi materinya, kita dapat memperluasnya sekitar 70 halaman, jadi tidak sesimpel PTK. 

Mengubah PTK menjadi buku, harus banyak membaca buku best seller, cara  menyajikan materinya, melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca. serta menyediakan sumber bacaan lain yang relevan. Adapun tatacara penyusunannya adalah pendahuluan..bagian kata kata PTKnya..bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. misalkan judul implementasi Media stearofom pembelajaran Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas ,kita kembangkan tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis), Pembelajaran (materi tentang belajar mengajar), Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)

Kita upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya yang dia dapat.semakin literatnya penulis akan semakin oke buku yang dia tulis. Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis.

 

Kesimpulan

PTK dapat dijadikan menjadi buku yang sangat bermanfaat sebagai bahan literasi bacaan bagi pendidik lain dalam menyusun PTKnya. Dalam mengubahnya yang terpenting adalah memperbannyak isi materi, memperluas isi bacaannya dan tentunya berdasarkan sumber yang relevan.

 

Ratna Jumpa

SMAN 1 Keumala, Kab. Pidie

Jumpa-ratna.blogspot.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lelaki berdasi part-1

Perjalanan Tanpa Batas (2)

BERBAGI PENGALAMAN DALAM MENERBITKAN BUKU