KIAT MENEMBUS PENERBIT GRAMEDIA


KIAT MENEMBUS PENERBIT GRAMEDIA
Pemateri : Amir Faisal

Sudah menjadi suatu keharusan bagi seorang guru untuk belajar menulis, apalagi PGRI dan Omjay telah mewadahi para guru dalam belajar online secara gratis. Akan sangat rugi apabila tidak memanfaatkan pembelajaran secara maksimal.Hari ini peserta belajar bersama omjay akan mendapatkan paparan materi tentang bagaimana kiat menembus penerbit Gramedia.salah satu penerbit besar berskala nasional bersama trainer dan motivator terkenal bapak Amir faisal, yang telah menuliskan banyak buku.kita dapat
membacanya di blog https://www.spiritualquantum.com/about/

Kiat Menembus Penerbit Gramedia.
Banyak pertanyaan pertanyaan muncul setelah membaca dan menonton vidio youtubenya bapak Amir faisal. Diantaranya dari bapak Anto Banjarmasin, yang menanyakan cara bapak Amir faisal bisa menulis dan percaya kalau buku dari hasil tulisannya akan laku. Bapak Abdul Majid, Sidoarjo menanyakan kepada tata cara pengiriman naskah Buku ke penerbit  Gramedia apakah yang dikirimkan itu full naskah ataukah hanya beberapa bab saja.
Bapak Amir Faisal menjawab pertanyaan dari penanya bahwa intinya harus menentukan  dulu visi /dream kita mengapa ingin jadi penulis, kemudian bersiap siap menghadapi tantangan-tantangannya dengan gagah berani. Kemudian beliau menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh Bapak Abdul Majid dari Sidoarjo. Yang penting bukan tebal atau tidaknya.
malah kalau terlalu tebal,  Gramedia gak mau. terpenting adalah kualitas tulisan, genre kita dan buku itu disukai pasar atau tidak? Dan harus  memenuhi kriteria penerbit, Sejak awal menulis hingga sekarang,  bapak Amir Faisal selalu mengirimkan full naskah.

Bapak Syukri dari Padang juga menanyakan, " dari uraian bpk saya dapat simpulkan bhw bpk seorang Autodidak tulen, dg latar belakang org lapangan( mandor), bisa jd penulis buku best Seller, dipenerbit  Mayor, yg mau sy tanyakan berapa lama buku pertama proses pembuatannya dan bagaimana kajian pustakanya, karena bpk bukan seorang pendidik. (unik)
Tambahan :
- temanya Ilpop
- Tidak banyak teori. Semakin banyak hal-hal praktis semakin baik
- Menarik perhatian banyak orang.
Buku pertama saya selesai sekitar setahun. Kedua sekitar 6 bulan.
Kalau sekarang bisa 2 bulan.
Kajian pustaka itu sifatnya hanya penguatan. Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan, gagasan Anda sendiri

Pertanyaan selanjutnya dari Benny Belang. Kupang-NTT.jika buku sudah diterbitkan gramedia group dan selama 6 bulan buku tersebut kurang diminati pasar. Bagaimana konsekuensi bagi penulis dan pihak penerbit? Apa pengaruhnya bagi penulis? Bagaimana penulis mengatasinya agar bisa keluar dari situasi ini. Trims.

Pertanyaan dari Sri Sulastri dr SMKN 2 Bojonegoro jatim. Sy sdh pernah mengajukan penulisan buku ke slah 1 penerbit mhon maaf bukan Gramedia. Dn sy lihat kita hrus mngikuti sesuai pedoman atau acuan yg SDH mreka buat. Apakah SM dgn Gramedia? Sdh ada langkah2 yg hrus di ikuti oleh penulis. Itu yg pertma, langkah apa supaya mudah unk masuk di penerbit besar (Gramedia)?

Mudah-mudahan tidak terjadi.
Makanya Anda juga harus gigih ikut marketing lewat medsos. Kasih pelatihan gratis. Bagi buku-bukunya pada key person / influencer dsb
Semua penerbit saya lira punya kriteria masing-masing.
Untuk Gramedia tadi sudah saya jawab di jawaban 2 dan 6

Pertanyaan 10. Nama saya Astuti, dari Yogyakarta. Saya pernah beberapa kali menulis artikel yang juga dimuat dalam beberapa buku saat teduh bagi umat kristiani. tapi saya belum pernah menulis sebuah buku. Bagaimana cara pendekatan ke penerbit? apakah buku jadi dulu atau kita menawarkan diri dulu?

Pertanyaan 11.Selamat Pak Amir, saya grefer dari kupang-NTT, terima kasih untuk sarannya agar buku bisa masuk ke gramedia. Saya tertarik untuk menulis novel. Menurut bapak, mungkinkah novel yang digabungkan dengan motivasi bisa menembus pasar buku di Indonesia? dan, bagusnya, novel yang laris di pasar itu tebalnya berapa halaman? Terima kasih.

Pertanyaan 12.Assalamualaikum. Pak Amir, tadi dikatakan tidak memiliki basic menulis, lantas namun setelah menulis bukunya bisa jadi buku best seller, butuh waktu berapa lama menulis buku tersebut? "Menyiapkan anak jadi juara"  isi buku ini terinspirasi oleh apa?

Pertanyaan 13.
Bagaimana tulisan yg ditulis di blog itu mudah diakses di Google, atau jadi trending topic di laman atas mesin searching Google?
Terima kasih,Said Wahid.Mojokerto Jawa Timur


Sedikit tambahan :
Buku Menyiapkan Anak Jadi Juara itu terinspirasi :
1 Ketika saya memberikan Motivasi pada anak-anak sekolah, saya merasa ada sesuatu yang salah. Seharusnya Motivator anak-anak ya Gurunya sendiri.
Apalah artinya kehadiran diri saya yang hanya 4 - 5 jam,  dibanding para guru yang membimbing selama 3 tahun

2Saya membandingkan kedua anak saya,  yang kebetulan yang satu di SMP favorit dan lainnya di SMA runner up
Pakai SEO pak, dengan
1Menulis buku di penerbit nasional

2Aktif menjadi narasumber. Kalau perlu gratiskan

3Melalui  Medsos : -Punya website dan aktif menulis artikel, FP,  IG dsb
[14.11, 30/4/2020] Belajar Nulis: Kayaknya jarang
[14.11, 30/4/2020] Belajar Nulis: Kaidah-kaidah nya sudah saya jelaskan diatas.

Editing dilakukan oleh penerbit, kemudian nanti kita akan dikirim proofnya untuk dikonfirmasi
Gramedia tidak menerbitkan buku pelajaran.

Pertanyaan 20
Assamualaikum bapak Amir Faisal, saya Warsih dari Tangerang. Tadi bapak katakan yang laku di Erlangga itu semacam novel dll. Kalau misalnya tulisannya berupa kumpulan pengalaman 17 tahun menjadi tutor sebaya buat teman2 guru bisa tidak masuk ke Erlangga, dan tulisan yang seperti itu berati saya masuk gender apa ya.  Trimakasih
Bukan Erlangga Ibu. Tetapi Gramedia.True story bisa juga diterbitkan asal fenomenal.
Misalnya pengalaman memberikan tutorial pada anak berkebutuhan khusus, pada anak-anak miskin, anak-anak di Rumah singgah dll

Pertanyaan 21

Assalamu’alaikum, Pak Amir Faisal yang budiman..
Luar biasa, ini yang saya tunggu-tunggu sejak lama, Pak. Materi tentang Penerbit Gramedia. Saya hobi menulis novel walau baru 1 buku novel saya (260 halaman A5) yang saya rampungkan dan sudah jadi buku. Isinya memadukan romantisme, nasihat, dan status sosial. Saya ingin novel saya ini diterbitkan kembali di Gramedia, Bagaimana caranya, Pak? Di belakangnya masih ada dua lagi dalam masa perampungan. Terima kasih.
Hamdani - Kepri

Pertanyaan 22.Saya memiliki hasil penelitian ttg studi tokoh,ingin dijadikan buku sampe bisa diterima oleh penerbit nasional.
bgmn tips2 nya?dan ttg tokoh kira2 penerbit apa yg berminat menerbitkan? sy Ujang dr bekasi pak.

Bapak hubungi saja Gramedia di Kepri,  kemudian minta No kontak penerbit salah satu penerbit di Gramedia group. Tergantung tokoh-tokohnya siapa Pak? Dibidang apa? Sebaiknya dichek di Gramedia Matraman sudah ada belum yang serupa?

Pertanyaan 23
Selamat siang pak, berdasarkan pendapat pak amir, karya original lbh disukai, itu artinya kita bisa berargumen atau menulis sesuai dengan apa yang ada dalam ide/pikiran kita berdasarkan pengalaman ya, terima kasih.
Semisal kita ingin menulis ttg keadaan sekarang dalam suasana covid yang menyangkut segala permasalahan dalam pembelajaran daring, serta solusinya, krn saat ini di lapangan ada permasalahan yg dihadapi siswa, orang tua siswa dalam pembelajaran daring. saya ibu dayu sastrika dari bali.

Pertanyaan 24.
Cara mengikat dan menjaring ide judul buku supaya laris manis bagaimana ya?  Saya sering ke toko buku gramedia dan banyak buku yg laris dan ada juga buku yg diobral (tidak laris). Heri Yudianto.
Bagus itu Ibu,  tetapi kalau bisa settingnya umum.
Jangan hanya segmen sekolah / lembaga pendidikan saja, tetapi umum
Buku yang diobral :
1. Terbitan lama
2. Tidak laku-laku
3. Isunya sudah lama

Silahkan ikuti terus pembelajaran Hypnowriting ini sampai Youtube ke 5 Insya Allah akan banyak membantu menginspirasi

Pertanyaan 25
Menanya tuk pak Amir
Pernahkan Bapak mengalami kendala dalam menulis dan menerbitkan buku? Mengingat latar belakang Bapak bukan penulis. Tantangan apa yang menjad motivasi Bapak?
(Ary Yogya)

Pertanyaan 26.
Slmt siang pak, bagaimana bapak membangun konsistensi menulis? Yulius Roma-Tator
Kendala banyak Pak. Saya ada dua buku yang hingga kini tidak diterbitkan, tetapi saya jadikan sebagai identifikasi masalah. Kuncinya pada passion of life Pak.

Pertanyaan 27.
Assalamualaikum wr wb. Bagaimana caranya, semulanya bapak seorang mandor, terus bisa terjun juga kedunia buku.gimana caranya bapak termotivasi dan bisa sukses seperti sekarang? Nurhaida

Pertanyaan 28.
Ass. Pak Amir. Saya salut pengalaman bapak sebagai pengusaha sampai jadi konsultan dan akhirnya bisa menulis buku dgn judul Buku seorang Mandor Proyek. Bagaimana trik bapak sehingga bisa berubah dari pengusaha menjadi penulis di Gramedia.
Muh. Said Makassar.

Pertanyaan 29
Asslm. Saya dwi dari Gunung Kidul. Tanya. Saya biasanya menulis buku teknik, utk dapat membus penerbit harus 80 % tidak plagiat. Padahal utk teori teknik kan sudah pakem dan biasanya hanya copy paste dari buku2 yg sudah ada. Utk menghindari plagiat bagaimana caranya?
Jawabannya sama dengan jawaban 12
Karena :
1 Hati saya sudah tidak bahagia lagi hidup sebagai kontraktor

2 Kemudian menemukan Life Cycle saya
Cari expertise dan specialties. Kalau perlu uniquenya

Kesimpulan: Apapun profesi kita asal kita bersungguh sungguh dalam mendalami suatu pekerjaan seperti menulis dan berusaha untuk menerbitkan buku pada penerbit besar seperti Gramedia, maka kita harus berusaha dan bekerja keras agar tulisan tulisan yang kita kirimkan berkualitas dan memenuhi kriteria kriteria dari penerbit. Wassalam.

Ratna Jumpa
SMAN 1 Keumala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lelaki berdasi part-1

Perjalanan Tanpa Batas (2)

BERBAGI PENGALAMAN DALAM MENERBITKAN BUKU