Teuku Umar Johan Pahlawan

Pasi Ujong Kalak merupakan salah satu tempat paling bersejarah di Aceh, berada di ibu kota Meulaboh Kab.Aceh Barat. Di tempat ini telah terjadi peristiwa besar yaitu tragedi syahidnya salah satu pahlawan Aceh Teuku Umar.

Teuku Umar lahir pada tahun 1854 di Melaboh. Beliau salah satu pahlawan Aceh yang sangat gagah berani dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda. Keberanian dan strategi perangnya tak dapat di ragukan lagi dan di takuti oleh Musuh.

Belanda ingin menangkap Teuku Umar hidup atau mati. Pada suatu malam Teuku Umar sedang duduk berserta beberapa pengikutnya kemudian beliau berkata" singeh bungoh tajak jep kupi atau lon syahid". (Besok pagi kita minum kopi atau saya meninggal/syahid besok).

Rencana Teuku Umar besok pagi di dengar oleh cuwak/ mata mata belanda).
Belanda segera menyusun rencana dan menyerang Teuku Umar beserta pasukan. Teuku Umar berusaha menahan serangan tetapi Allah menghendaki lain. Beliau syahid di tempat itu juga.

Jenazah Teuku Umar segera di bawa oleh pengikutnya dan dimakamkan di tempat yang tersembunyi. Setelah suasana agak reda makamnya di gali dan dipindahkan pemakamannya ke gle mugou di jln Melaboh-Geumpang Km 40 dari kota Meulaboh.

Hanya iringan doa yang dapat kita panjatkan smg Teuku Umar dan pahlawan pahlawan yang lain mendapat tempat yang layak di sisi Allah berupa syurga.

Mereka telah banyak mengorbankan harta, tenaga dan nyawanya demi kita anak bangsa, dan sudah sepantasnya kita mempertahankan negara kita dari rongrongan bangsa asing yang ingin menguasai kita.
Merdeka....Allahu Akbar.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR, BELAJAR, BELAJAR MENULISKAN BUKU

Lelaki berdasi part-1

Perjalanan Tanpa Batas (2)