Memahami Empat Kompetensi Guru

Memahami Empat Kompetensi Guru

 11+ Gambar Kartun Seorang Guru Muslimah - Gambar Kartun Ku

Guru adalah pilar penting dalam pendidikan, baik tidaknya suatu lembaga pendidikan sangat tergantung kepada guru. Guru yang berkualitas akan menghasilkan peserta didik  yang berkualitas, yang akhirnya akan berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan.

Berdasarkan undang undang no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Kompetensi pedagogik adalah adalah kemampuan guru dalam memahami peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Seperti memahami peserta didik secara mendalam meliputi pemahaman terhadap prinsip prinsip pemahaman kognitif, prinsip prinsip kepribadian, dan mengidentifikasikan bekal awal pesera didik. disamping itu juga dapat merancang pembelajaran dengan mengetahui berbagai landasan pendidikan, penerapan teori belajar dan menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik serta merancang dan melaksanakan berbagai evaluasi pembelajaran sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran secara berkesinambungan. 

Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang harus dimiliki oleh pendidik yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. 

Kompetensi profesional yaitu penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan subtansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodelogi keilmuan. 

Kompetensi sosial yaitu kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR, BELAJAR, BELAJAR MENULISKAN BUKU

Lelaki berdasi part-1

Perjalanan Tanpa Batas (2)