MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU
Pembelajaran belajar menulis malam
ini, tanggal 22 April 2020 bersama Bapak Edi S Mulyanta S.Si, M.T. Saat ini beliau menjabat sebagai Publishing
Consultant Andi Publisher dari penerbit Andi Yogyakarta. Tema malam ini adalah
menulis dan menerbitkan buku di penerbit Andi Yogyakarta dan moderatornya
adalah Mr. BamS.
Pak Edi mengatakan bahwa darah
penerbitan adalah karya dari penulisnya, yang diubah menjadi sebuah media
berupa buku yang dapat dinikmati oleh pembaca melalui outlet outlet pemasaran,
baik di toko buku, kampus, sekolah, dan
membacanya secara langsung.
Setiap penerbit telah
dipercayakan ISBN dari perpustakaan nasional, sebagai penanda setiap
terbitannya, yang dinaungi di bawah IKAPI sebagai lembaga yang ditunjukkan oleh
pemerintah untuk mewadahi setiap
penerbit yang berada di luar kampus.
Penerbit di bawah IKAPI secara
alamiah memilih jalur masing-masing sesuai passionnya dalam menerbitkan buku. Sebagai
penulis, sebaiknya kita memahami ciri khas terbitan dari setiap penerbit agar tulisannya sesuai dengan misi penerbit
tersebut, meskipun ada juga penerbit
yang dapat menerbitkan segala tema dalam setiap penerbitannya.
Penulis dapat mengirimkan usulan
dan proposal terlebih dahulu untuk menjajaki apakah jalur tulisannya sudah
sesuai dengan visi dan misi dalam sebuah penerbitan. Hal ini dapat menghemat waktu
dan biaya dalam mempersiapkan setiap tulisannya.
Setiap penerbit mempunyai SOP
dalam memilah atau memilih tulisan untuk dijadikan komoditas industri. Tujuan
utamanya adalah agar terbitannya dapat terserap di pasaran secara cepat. Penerbit
mempunyai peta pasar yang direkam dari setiap outlet outlednya, dengan memperhatikan judul,
outline, siapa penulis, terkadang penerbit dapat memproyeksikan pasar buku yang
menjadi sasarannya. Kunci utama bagi penulis adalah pemilihan judul yang baik,
pasar sasaran yang akan dituju, kemudian lakukan sedikit riset pesaing, sehingga
dapat dengan gamblang ditawarkan ke penerbit.
Apalagi tema yang ditulis
tersebut ternyata tema yang baru, dan perlu tambahan data riset kecil yang
tidak gampang untuk memengaruhi penerbit. Lebih cenderung mencari tema yang
secara data pemasaran sudah ada, sehingga gambling dalam membiayai
penerbitannya memunyai risiko yang semakin kecil untuk tidak terserap di pasar.
Apabila penulis belum
berpengalaman bekerjasama dengan penerbit. Maka kirimkan naskahnya ke beberapa
penerbit. Penerbit akan menyeleksi tulisan dengan beberapa pertimbangan. Paling
banyak porsi pemasaran sebagai pertimbangan utamanya. Berikan sedikit
penjelasan pasar sasaran, dengan data-data angka akan lebih menarik.
Sebagai contoh, saat ini buku
yang sangat dicari adalah buku tentang Covid-19. Cari secepatnya apa,
bagaimana, virus tersebut. Apakah buku yang kita tulis betul2 mempunyai manfaat
pada pembaca..
Pesaing buku apakah sudah ada apa
belum. Penulis perintis pertama biasanya dapat menikmati pasar awal yang cukup
menarik. Biasanya tulisan pertama memunyai kualitas yang belum baik, akan
tetapi mengejar momen yang cukup bagus.
Penulis follower biasanya
mempunyai penyajian materi yang lebih baik
akan tetapi terkadang menikmati pasar sisa dari para penulis perintis.
Penulis perintis effort awal
lebih banyak, dan terkadang mempunyai risiko tidak laku juga besar. Penerbit
akan sangat tergantung dari tawaran awal dalam proposal dalam menentukan
penerbitannya. Proposal buku akan semakin sempurnya, jika penulis telah
melakukan proses tulisan bukunya minimal 50% dari rencana keseluruhan.
Supaya proses penyelesaian
tulisannya tidak terlalu lama. Penerbit biasanya memberikan waktu yang beragam
untuk menyelesaikan tulisan tersebut. Banyak penulis yang menebar proposal
banyak, akan tetapi finishing tulisannya lambat. Hal ini akan menghambat proses
produksi bukunya, sehingga terkadang penerbit akan memilih tulisan yang lebih
dahulu selesai. Hal inilah diperlukan manajemen waktu penyelesaian tulisan
penulis, supaya dapat segera diproses di penerbitannya.
Proses penerbitan cukup panjang
waktunya, dari administrasi penerbitan awal, editing, setting layout, desain cover,
dan proses produksi. Tanpa ada antrian proses penerbitan buku memakan waktu
antara 2 minggu hingga 1 bulan paling lama.
Yang membuat lama adalah proses
antrian, baik dari sisi penulis maupun beberapa bagian di penerbitan.
Pada proses administrasi
penerbitan, yang perlu dipersiapkan adalah:
Kelengkapan naskah, dari
Judul-Sub Judul, Nama Pengarang, Kata Pengantar, Prakata, Daftar Isi, Bab,
hingga Sinopsis. Penulis harus jeli melengkapi hal demikian, karena biasanya
sebelum lengkap, proses selanjutnya tidak akan dijalankan.
Proses editing, akan terbantukan
dengan pengetahuan ejaan, pemilihan kata, kalimat, paragraf hingga hirarki bab
yang baik dari penulis. Kelemahan penulis biasanya tidak clear saat menentukan
hirarki bab, paragraf, kalimat, kata, dan pemilihan fontasi
Editor akan membantu hal
tersebut, akan tetapi apabila penulis telah menata dengan baik, maka kerja
editor akan lebih fokus ke dalam bagaimana memilih efektifan kalimat, dan
struktur bab yang baik.
Setting layout juga mempunyai
peranan yang penting, karena menentukan ukuran buku, jumlah halaman, dan
keindahan halaman per halaman. Titik krusial ada di sini, karena dengan
pengaturan halaman yang baik, makan harga buku akan dapat efektif di tentukan.
Harga buku yang menarik, akan
cukup memmengaruhi pembeli dalam memutuskan akan menikmati buku tersebut atau
meninggalkannya.
Desain cover, juga memunyai
peranan strategis dalam sebuah buku. Apalagi tipikan pembeli buku di Indonesia
adalah didasarkan dari keindahan dan seberapa menarik cover buku.
Tipikan pembaca buku di indonesia
adalah, sight seeing, sehingga cover sangat penting sekali dalam pemasaran
buku. Setiap penerbit mempunyai data juga bagai mana cover yang menarik, dan
terbukti mendongkrak pemasaran
Saat proofing, penulis sebaiknya
memberikan beberapa perbaikan ide untuk lebih memperkuat pasar buku yang
ditulisnya. Kerjasama yang baik dari penulis, dan pengetahuan data dari
penerbit akan dapat menentukan keberhasilan tulisan untuk terserap di pasar.
Akan tetapi dari pengalaman kami,
tidak ada buku Best Seller yang By Design
Artinya, banyak buku Best Seller
di Indonesia, terkadang karena karunia semata... Jadi jangan takut menawarkan
tulisan anda ke penerbit.... karena pada dasarnya penerbit juga trial and error
dalam menerbitkan buknya. Hanya pengalaman, dan intuisi terkadang membantu
untuk menghindari kerugian akibat terbitannya tidak laku di pasar.
Setelah itu sesi tanya jawab
antara pemateri dan peserta
P1.
Mohon penjelasan ulang tentang
kunci apa yang harus disiasati oleh penulis pemula, dalam melakukan tambahan
data riset kecil yang berguna untuk memengaruhi penerbit agar mau menerbitkan
buku tersebut?
Riset pasar yang dilakukan
pertama kali paling penting, siapa sasarannya. Buku sekolah pasarnya sangat
besar sekali, di banding buku masak. Kemudian pesaing, buku dengan pasar besar
pesaingnya banyak, nah ini perlu strategi pemosisian kedalaman materi. Apakah
buku kita lengkap, atau hanya buku pengayaan. Perlu diputuskan segera, supaya
tidak terjadi tabrakan materi buku dengan pesaing.
P2
1. Bagaimana kondisi bidang
penerbitan sekarang selama masa pandemi ini?
2. Tadi dikatakan bahwa tulisan
yang dibukukan adalah buah dari karya tulis, berarti seperti tesis, PTK dan
penelitian2 yang telah dilakukan, dapat dibukukan? Dan apakah hasil penelitian
juga ikut disertakan dalam isi buku tersebut?
3. Buku seperti apakah yang
sebenarnya sangat laku diminati oleh pembaca saat ini?
Kondisinya sangat berat sekali.
Perlu bapak ibu ketahui bahwa hampir 90 % outlet penerbitan sekarang tutup.
Kampus dan sekolah tutup semua tidak ada aktifitas. Omzet kami betul-betul
turun hingga ke titik nadir. Kami harus berjuang hingga 3 bulan ke depan untuk
menanti masa panen di tahun ajaran baru.
Dalam 3 bulan ke depan merupakan
titik hidup mati penerbitan, karena jika tidak dapat melewatinya, banyak sekali
penerbit di bawah ikapi akan gulung tikar.
Sementara pasar On Line di
Indonesia belum tumbuh untuk pasar buku, sehingga kami haru menahan lapar
sejenak untuk 3 bulan ke depan semoga pandemi ini akan reda.
2. Hasil penelitian, biasanya
tergantung sekali dengan tujuan penelitian dan hasilnya. Pasar penelitian di
Indonesia sangat kecil sekali, sehingga terkadang pasar yang di sasar adalah
pasar captive market, atau pasar yang sudah memahami betul materi bahasan.
Pasar ini disebut niche market atau pasar ceruk.
Buku yang terbukti masih laku di
Toko Buku adalah : Rangking pertama adalah buku Anak, buku dongeng, cerita
bergambar, komik. Kami sarankan buku yang mempunyai value bagus untuk
pendidikan karakter, kemudian buku, keagamaan, motivasi, dan buku sekolah
P3
Manakah yg menjadi prioritas, kualitas tulisan atau kehilangan kesempatan
dari suatu peristiwa.? Tadi diuraikan penulis pertama tulisan kurang bagus tapi
mendapat timing yg tepat, sedang penulis kedua tulisan bagus timing kalah. Terima kasih Iin Kediri
Prioritas pertama adalah
peristiwa, hal ini kami tidak sengaja menemukan tulisan tentang Virus, saat
corona di Wuhan bulan Desember 19 dan Januari 20, ada penulis kami yang telah
melakukan riset tersebut. Dan buku kami yang best seller saat ini adalah buku
Covid-19, walaupun tulisannya kualitasnya belum begitu sempurna.
Buku Laskar Pelangi, adalah buku
terlaris di Indonesia, timing yang tepat saat itu adalah adanya Muktamar
Muhammadiyah, dan buku itu meledak luar biasa dari mulut ke mulut awalnya, word
of mouth.. ingat Muhammadiyah umatnya luarbiasa.. nah itulah target awal buku
tersebut.
P4
Banyak penulis yang menebar
proposal banyak, akan tetapi finishing tulisannya lambat. Hal ini akan
menghambat proses produksi bukunya, sehingga terkadang penerbit akan memilih
tulisan yang lebih dahulu selesai. Hal inilah diperlukan manajemen waktu
penyelesaian tulisan penulis, supaya dapat segera diproses di penerbitannya.
Strateginya, saat menulis
proposal, materi buku harus sebaian besar telah tertuliskan baik dalam bentuk
draft atau masih outline detail. Sehingga waktu penyelesain dari usulan ke
naskah lengkap tidak terlalu lama, untuk mengejar momen. Usulkan beberapa bab
yang telah di tulis sebagai tambahan informasi ke penerbit, sehingga penerbit
akan tahu gaya tulis penulis tersebut.
P5
Apa aturan dan tata letak
penulisan untuk buku supaya dapat
diterbitkan, serta pedoman penulisan buku yg dipersyaratkan oleh penerbit Andi. Dari Rusmin (G8- 017) Kab. Barito Kuala
KALSEL
Aturan tata letak biasanya
mengikuti aturan internal kami, dan untuk buku pendidikan mengikuti
aturan-aturan yang ada disesuaikan dengan tingkat jenjang pendidikan.
Ada beberapa aturan fontasi,
jenis gambar, jenis illustrasi yang harus dipenuhi untuk terbitan buku
pelajaran. Selain itu aturan tata letak biasanya diatur secara internal
penerbitan, mengikuti tema buku yang diusulkan. Penulis dapat memberikan
kisi-kisi tata letak yang diinginkan, misalnya jenis huruf, kolom, text book,
atau side note dan lain-lain. Kemudian akan diterjemahkan oleh desainer layout
kami untuk disesuaikan dengan mesin-mesin cetak. Sebelum cetak, biasanya
penulis akan diminta melakukan proofing materi, sebelum diproduksi massal.
P6
Apabila mengirim 1 tulisan
kebeberapa penerbit, kemudian tulisan itu juga diterima oleh beberapa penerbit.
Bagaimana sebaiknya kita menyikapinya? Apa yg menjadi pertimbangannya? Terimakasih.
Suheri. Tangerang
Pertimbangan ke dua, siapa
penerbit yang tercepat memutuskan menerima itulah yang dipilih. Untuk buku-buku
momen tertentu hal ini diperlukan, misalnya momen Ujian Nasional (walaupun
sudah dihapus), Momen penerimaan PNS dll.
P7
1. Apa visi dan misinya dari
pernerbit Andy Yogyakarta.sehingga kami bisa tau apa yang dimau oleh penerbit.
2. Apakah hanya buku yang
sifatnya tranding Topic saja yang diterima. Bagaimana dengan buku abadi.Terima
kasih dan mohon maaf. Dari Siti Fatimah Mojokerto
1. Kami penerbit buku pendidikan
baik dari pendidikan dasar menengah hingga perguruan tinggi.
Di samping itu kami juga
menerbitkan buku umum, non politik dan non agama
Buku yang diterima adalah buku
yang punya life cycle atau daur hidup yang panjang, karena akan menguntungkan
di jangka yang amat panjang. Buku trending topic, biasanya berumur pendek dan
jarang sekali terjadi cetak ulang atau repeat order dari toko buku, sehingga
cepat beralalu momennya. Buku kami yang abadi adalah buku referensi untuk
perguruan tinggi, ada yang berumur 30 th masih bagus pasarnya.
P8
Apakah penerbit Andi juga
menerima naskah spt Antologi Kisah Inspiratif. Antologi cerpen,?
Kalau ya apa syarat 2 nya. Trima
ksih dari Bapak Mukminin Lamongan.
Kelemahan antologi kisah
inspiratif, atau antologi cerpen adalah pasar yang sangat kecil. Peminat buku
seperti ini biasanya tergantung penulisnya, dalam arti komunitas penulis,
lingkungan social medianya, sehingga market sasarannya menjadi kecil atau niche
market.
Tapi jangan berkecil hati,
Raditya Dika awalnya dipandang sebelah mata oleh penerbit, karena beliau hanya
nulis blog-blog yang tidak bermutu, tapi Fun buat generasi milenial. Awalnya
pasarnya Niceh Market, akan tetapi berkembang social medianya karena
followernya banyak.. akhirnya bukunya best seller semuanya, walaupun secara
value naskahnya kurang bagus, tapi nilai pasarnya sangat besar.
P9
Assalamu’alaikum, selamat malam,
terimakasih banyak buat penjelasannya yg luar biasa....
perkenalkan nama sy, Maya Trisia dari Lampung, ingin
bertanya, apakah naskah utk kategori
motivasi, yang dipadukan dg gambar,
termasuk naskah yang bisa diterbitkan oleh penerbit Andi ? Jika iya, bagaimana
utk gambar nya? apakah tanggung jawab penulis utk design nya atau bs dpt
bantuan dari penerbit?
Naskah Motivasi, termasuk naskah
primadona, karena menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Apalagi jika
penulisnya rajin promosi karena motivator terkenal, bukunya bak kacang goreng. Buku
motivasi, cukup menarik semua penerbit. Akan tetapi tergantung kreativitas
penulis dalam memaparkan ide-idenya. Buku motivasi yang baik pasarnya, memang
melekat pada nama-nama terntentu di Indonesia. Dulu ada Mario Teguh, di mana
bukunya luar biasa tanggapan pembacanya. Tung Desem Waringin, sangat fenomenal.
Akan tetapi ternyata buku-buku motivasi tidak pernah surut terbitannya.
Terbukti buku motivasi-motivasi berbasis agama, menjadi trend yang luar biasa.
Kreativitas penulis menjadi tumpuan utama buku motivasi, sehingga jangan
ragu-ragu brainstorming dengan pnerbit untuk menerbitkan buku motivasi di
Indonesia. Cari peluang-peluang baru saat Pandemi Covid-19 yang memorak
porandakan motivasi kita... ini lahan yang luar biasa untuk membuat buku
motivasi.
Ratna Jumpa
SMAN 1 Keumala
Numpang promo ya Admin^^
BalasHapusajoqq^^com
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajopk.club....^_~
segera di add Whatshapp : +855969190856