MENULIS CEPAT, TEPAT DI MEDIA DARING DAN LURING


Belajar Menulis Bersama Omjay
Hari                 : Senin/ tanggal 20 April 2020
Pukul               : 19.00-21.00 WIB.    
Tema               : Menulis cepat, tepat di Media Daring dan Luring
Nara Sumber   : Catur Nurochman Oktavian
Moderator       : Mr. BamS


Alhamdulillah, malam ini saya sangat bersyukur karena dapat menerima pembelajaran dari narasumber yang luar biasa, beliau adalah Bapak Catur Nurochman Oktavian.Ketua litbang PB.PGRI. Mulai menulis sejak tahun 1999. Pertama menerbitkan karya dalam bentuk buku di tahun 2003. Sampai sekarang alhamdulillah terus menulis. Kemudian Pak Catur memberikan materi tentang menulis cepat dan tepat di media luring dan daring.

Menurut pak Catur musuh utama dalam menulis adalah rasa takut dan malas. Merasa
Takut  karena tulisannya jelek, takut dicela, takut tulisannya sudah basi, dan takut takut lainnya dan inilah yang membuat seorang penulis merasa tidak mood, mood harus disingkirkan karena akan menghambat kita dalam memulai sebuah tulisan.
Serta menghambat kerja otak dalam menulis.

Seorang penulis fiksi Ilmiah Isaac Asimov, mengakui bahwa cara ia menulis adalah “simpel dan apa adanya”. Jadi menulislah dengan simple dan apa adanya, dengan menulis hal hal yang aktual dan sesuai dengan gaya selingkung media yang akan dituju, menjadi kunci sebuah tulisan diterbitkan
Menulis adalah sebuah kecakapan atau keterampilan. Bila kita menguasai dengan detail pekerjaan tulis menulis, maka kecakapan itu akan berbanding lurus dengan kecepatan pengerjaan.

Jadi, jadilah diri sendiri dalam menulis, dan temukan cara atau gayamu sendiri.
Tentunya  dengan cara sering menulis dan membaca kita dapat mempelajari gaya tulisan orang lain atau copy the master

Note:
Jangan paksakan diri dengan menulis sesuatu yang berlebihan di luar gaya Anda.
Kalau suka traveling, tuliskan kisah perjalanan Anda.

Menulis itu untuk dibaca. Oleh karena itu, pesan dalam tulisan harus jelas dapat dipahami oleh pembaca. Jika menulis dengan kalimat yang tidak simpel, maka tujuan pesan Anda dalam tulisan tidak tersampaikan. Bahkan hanya membuat kening pembaca berkerut.

Menulislah seperti berbicara. Ketika berbicara kepada teman, tentu tidak ada keinginan Anda menggelembungkan kata atau kalimat dengan bahasa yang berlebihan. Ketika berbicara kepada orang lain, tentu sedapat mungkin menggunakan bahasa yang dapat mudah dipahami,
Bagi seorang pemula:

Mengapa  masih ragu menghasilkan draf tulisan yang pertama? Biarkan tulisan yang dihasilkan jelek, karena Anda masih punya banyak waktu untuk memperbaiki draf tersebut.

Biarkan tulisan yang dihasilkan jelek, karena Anda masih punya banyak waktu untuk memperbaiki draf tersebut. Draf tulisan yang jelek masih dapat diperbaiki daripada tidak ada draf sama sekali.

Setelah memberikan materi sampai pukul 20.00. WIB, Moderator mempersilahkan peserta belajar bersama untuk bertanya jawab dengan pemateri. Ini adalah sebahagian pertanyaan dari peserta beserta jawabannya.

P1
Pertanyaan dari Kab Mukomuko Bengkulu.
Apa contoh kata dan kalimat yang kita masukkan dalam cerita sehingga pembaca tidak paham.
Jawaban:
Hindari menulis dengan kalimat yang panjang dan berulang ulang maknanya.
Contoh:
Ruangan yang biasa aku gunakan sebagai tempat tidur, sebuah tempat kos dekat stasiun UI, tiap pagi jam 5 pagi aku terbiasa mendengar deru Kereta Listrik yang membawa penumpang dari Jakarta-Bogor PP, itu biasanya sampai aku berangkat kerja, suara itu sering terdengar, sehingga aku sering hafal beberapa kalimat petugas stasiun.

P2
Saya ingin bertanya bagaimana agar isi tulisan itu penting.  apakah kita harus menukis yg ilmiah ilmiah seperti artikel
Jawaban: Agar tulisan menjadi penting, maka pesan dan informasi yang dibutuhkan pembaca bisa tersampaikan dengan baik dan jelas. Mulailah dari hal yang Anda sukai. Kalau Anda suka menulis karya ilmiah, maka tekuni hal ini. Kalau suka menulis artikel populer, features yang ringan, maka kerjakanlah ini.

P3
Pertanyaan dari ibu Winarti dari Tangerang: bagaimana kiat-kiat untuk menghilangkan rasa takut untuk menulis atau berkarya dan bagaimana caranya untuk menumbuhkan rasa percaya diri menulis atau berkarya? Terima kasih Om CAtur.
Jawaban : Mengatasi rasa takut menulis adalah dengan menulis. Menulis saja terus menerus. Kalahkan rasa takut bahwa tulisan pertama kita jelek. Lebih baik menghasilkan tulisan yang buruk (dapat diperbaiki) daripada tidak menghasilkan sebuah tulisan (ini tidak dapat diperbaiki).Menumbuhkan rasa percaya diri menulis adalah dengan terus menulis

P.5  Pertanyaan dari Yulius Roma-Tana Toraja: bagaimana kiat mengelola konsentrasi yang efektif dalam menulis?
Jawaban: Mengelola konsentrasi yang efektif adalah dengan melakukan yang Anda sukai. Lakukan pekerjaan yang Anda cintai. Gairah dan fokus pada sesuatu yang kita sukai, cintai akan lebih tinggi dibandingkan sesuatu yang kita tidak sukai. Maka menulislah dari sesuatu hal kecil yang Anda sukai. Fokus pada sesuatu yang kita senangi, akan menambah motivasi kita lebih baik. Passion

Pertanyaan dari Andy Muhtadin-Beltim Ke.Babel:
Menulis dg simpel dan apa adanya dg cepat tiga hal bagi kami pemula ini sebuah hal yg sangat sulit dan rumit, jdi jika itu dilakukan terkadng sangat simpel, sedikit, pendek, dan langsung pada poinnya saja. BAGAIMANA TIPSNYA AGAR SESUAI DG HARAPAN PEMBACA ?.
Jawaban: Menulislah seperti Anda berbicara. Ketika Anda berbicara kepada teman, tentu tidak ada keinginan Anda menggelembungkan kata atau kalimat dengan bahasa yang berlebihan. Ketika Anda berbicara kepada orang lain, tentu sedapat mungkin menggunakan bahasa yang dapat mudah dipahami.

Tipsnya. Menulislah dengan kalimat yang tidak panjang-panjang.

Pertanyaan dari  Pak Etik dari Kabupaten Pemalang:
Bagaimana Teknis menulis cepat ,apa kita membuat kerangka dulu atau langsung mengalir saja

Jawaban: Ada beragam teknik yang dilakukan penulis. Ada yang senang memulainya dengan membuat kerangka tulisan, ada yang menuliskan kerangka seperri spider web.Ada pula penulis yang langsung menuangkan dari pikirannya ke dalam tulisan. Namun biasanya setiap artikel memiliki kerangka, Judul, lead (pendahuluan), isi, dan penutup. Silakan memilihnya sesuai dengan gaya dan kesukaan Anda. Selamat menulis.

Penulis yang baik biasanya adalah pengamat yang baik. Bagi yang suka mendengar atau kecerdasan audionya lebih, maka ketika mendengar sesuatu, maka siapkan catatan. Catat poin penting yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Atau pembicaraan direkam, kemudian barulah dituliskan. Banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk menghasilkan karya. Demikian resumenya. Wassalam.


Ratna Jumpa
SMAN 1 Keumala

Komentar

  1. Mantap resumenya..

    BW di

    https://etiknurintobantarbolangpemalang.blogspot.com/2020/04/cara-menulis-cepat-dan-tepat-cmct-di.html

    BalasHapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lelaki berdasi part-1

Perjalanan Tanpa Batas (2)

BERBAGI PENGALAMAN DALAM MENERBITKAN BUKU