Tradisi Makmegang di Aceh


TRADISI MAKMEGANG DI ACEH


Salah satu tradisi yang sangat dipertahankan sampai sekarang dalam masyarakat Aceh adalah makmegang atau megang. Makmugang yaitu memasak daging untuk menyambut datangnya hari yang sangat istimewa, seperti menyambut bulan Ramadhan dan 2 hari raya, Idul Firti dan Idul Adha.

Dalam setahun makmugang dilaksanakan 3 kali. Hari pertama atau kedua sebelum bulan puasa (Ramadhan) dan  1 atau 2 hari sebelum hari raya Idul Fitri atau idul Adha.

Masyarakat sangat antusias menyambutnya, dan mereka sudah jauh-jauh hari mempersiapkan segala keperluan untuk hari special tersebut. Pada hari megang masyarakat membeli dan memasak daging untuk dirinya dan juga untuk anggota keluarganya, dan juga dibagikan kepada para tetangga.

Seorang ayah atau kepala keluarga akan merasa sangat bangga apabila pada hari makmugang mampu membeli daging untuk keluarganya pada hari megang walaupun sedikit. Baik itu daging sapi atau kerbau, ayam atau bebek.   

Banyak penjual  daging dengan berjejeran  menjajakan daging ditempat tempat yang telah disediakan, seperti pasar lamlo atau bereunuen dsb. Bagi  masyarakat yang tidak mampu membeli daging, atau tidak menyukai daging sapi atau kerbau, mereka membeli ayam atau bebek sebagai menunya. Bahkan ada yang memelihara khusus sebagai persiapan menyambut hari tersebut.Akan terasa berbeda memasak daging banyak di hari selain megang dengan masak atau makan daging di hari megang.

Anak anak yang sudah dewasa akan pulang ke rumah orang tuanya, untuk mengunjungi sekaligus untuk memberikan buah tangan kepada orang tuanya, memberi uang sebagai hadiah megang atau ada membawa daging lansung. Begitupun dengan orang tua, mereka berusaha menyiapkan menu megang untuk menunggu anak anaknya, untuk dimakan bersama. 

Yang tidak kalah menariknya para linto baro (pengantin laki-laki) yang baru menikah, dan tahun menikahnya berhadapan lansung dengan megang pertama, maka linto baro atau keluarganya akan mempersiapkan  dan mengantarkan oleh oleh untuk dara baro ( pengantin perempuan)  berupa daging dan bahan pendamping lainnya seperti lemang, pisang, gula, susu dan lainnya menurut kemampuan linto baro. 


Komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lelaki berdasi part-1

Perjalanan Tanpa Batas (2)

BERBAGI PENGALAMAN DALAM MENERBITKAN BUKU